Hasil Pencarian Anda

Ribuan Rumah Dapat Bantuan PSU

Rumah2in1.com – Setidaknya 74.106 unit rumah di Indonesia telah mendapatkan bantuan pembangunan prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU) yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan. Jumlah ini terhitung sejak 2015 hingga 4 Desember 2017.

Tujuan dari bantuan PSU adalah untuk mendukung program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 29 April 2015, yaitu program Satu Juta Rumah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid mengatakan bahwa dengan adanya PSU maka kualitas lingkungan perumahan yang dihuni MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) akan mengalami peningkatan.

Ia pun menambahkan bahwa bantuan stimulan tersebut meningkatkan kenyamanan masyarakat untuk tinggal, yaitu dengan adanya drainase, sarana air bersih, serta jalan lingkungan.

Terhitung hingga awal Desember 2017, program Satu Juta Rumah telah mencapai 765.120 unit rumah. Sebesar 81 persen didominasi oleh rumah MBR, yaitu 619.868 unit dan 19 persen oleh rumah non-MBR sebanyak 145.252 unit.

Dalam rangka untuk mencapai target program Satu Juta Rumah, terjalin kerja sama antara pemerintah dan pengembang. Sebesar 20 persen pembangunan fisik rumah MBR dilakukan oleh pemerintah melalui pembangunan rumah swadaya, rumah khusus, rusunawa, maupun bantuan PSU.

Sementara itu sebesar 30 persen pembangunan dilakukan oleh pengembang perumahan MBR dengan bantuan subsidi KPR (Kredit Pemilikan Rumah) melalui program KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), subsidi selisih bunga, dan bantuan uang muka.

Selebihnya lagi dipenuhi oleh pengembang melalui pembangunan rumah non subsidi.

Tinggalkan Balasan