Hasil Pencarian Anda

Buat Rumah Terlihat Lebih Modern dengan Roof Garden

Posted by Wulan Kusuma on November 15, 2017
| 0

Rumah2in1.com – Ingin memiliki rumah yang asri dan sejuk dengan dipenuhi tumbuhan hijau namun terkendala dengan terbatasnya lahan rumah Anda? Solusi yang dapat Anda gunakan adalah dengan membuat RHT (Ruang Terbuka Hijau) berupa roof garden. Roof garden adalah taman yang berada di atap rumah sebagai salah satu alternatif mewujudkan ruang terbuka hijau di lahan yang terbatas.

Jerman merupakan negara yang pertama kali mengembangkan roof garden. Di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, konsep roof garden sudah banyak dilakukan seiring semakin padatnya bangunan-bangunan sehingga lahan semakin sempit. Roof garden dapat diaplikasikan mulai dari di gedung perkantoran, mall, restoran, hotel, bahkan kini telah merambah ke perumahan.

Roof garden memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah mengurangi polusi udara. Selain itu, roof garden juga memberikan nilai tambah untuk visual rumah Anda sehingga menjadi terlihat lebih modern dan kekinian.

Membangun roof garden bukanlah hal yang sulit jika Anda tahu dan mengerti bagaimana tahap-tahap pengerjaannya sehingga bukanlah hal yang mustahil untuk menciptakan nuansa kekinian pada hunian Anda.

Buat Dak Beton

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuat atap dak beton. Pastikan dak beton cukup kuat untuk menahan beban yang akan digunakan untuk media tanam, seperti tanah, tanaman, furniture, serta beban aktivitas pengguna taman. Buatlah perhitungan yang baik, tepat, dan akurat untuk menghindari resiko robohnya bangunan. Untuk mempermudah perawatan, lapisi dak dengan lantai kayu.

Gunakan Pelapis Anti Bocor (Water Proofing)

Gunakan water proofing untuk melapisi dak dan bak tanam untuk mencegah air merembes ke lapisan atap dan ruangan di bawah atap. Water proofing juga berguna untuk melindungi tulang besi pada balok dan lantai.

Saluran Drainase yang Baik

Perawatan tanaman pada roof garden harus selalu diperhatikan. Tanaman harus disiram secara rutin sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Anda harus membuat instalasi air bersih yang terhubung langsung ke pompa air atau bak penampungan air.

Yang selanjutnya harus Anda perhatikan adalah instalasi air buangan. Buatlah saluran pembuangan air sehingga air kotor dapat ditampung di bak resapan yang berada di bagian bawah (tanah).

Tinggi Lapisan Wadah Tanam

Untuk media tanam, buatlah tinggi lapisan tanah berkisar antara 5-15 cm. Letakkan ijuk atau serabut kelapa pada lapisan paling bawah yang berfungsi untuk menahan dan menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah. Pada lapisan atasnya, tambahkan secara berurutan lapisan kerikil serta campuran tanah dan kompos. Barulah pada lapisan teratas Anda dapat memberikan tanaman sesuai selera Anda.

Pilihlah Tanaman yang Sesuai

Ada kriteria tertentu apakah tanaman cocok atau tidak untuk ditanam di atap rumah. Pilihlah tanaman yang tahan terhadap sinar matahari. Jenis tanaman yang dapat Anda pilih salah satunya adalah tanaman dengan pertumbuhan lambat, seperti lili paris, kucai mini, pandan, dan lidah mertua.

Buat Dekorasi untuk Taman

Buatlah dekorasi untuk tampilan roof garden Anda secantik mungkin. Selain sebagai taman hijau, roof  garden juga dapat difungsikan sebagai tempat relaksasi.

Tinggalkan Balasan