Hasil Pencarian Anda

Capai Sejuta Rumah Cukup dengan 3 Strategi

Posted by Wulan Kusuma on November 11, 2017
| 0

Rumah2in1.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau yang disebut sebagai Kementerian PUPR menyampaikan bahwa terdapat tiga buah strategi yang dimiliki pemerintah untuk mensukseskan Program Satu Juta Rumah bagi masyarakat Indonesia.

Strategi yang pertama adalah pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah memberikan bantuan penyediaan perumahan bagi masyarakat melalui BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) dengan melakukan pembangunan rumah susun, sewa, rumah khusus, serta program bedah rumah. Bagi perumahan dengan subsidi pemerintah yang dibangun pengembang, maka akan mendapatkan bantuan PSU (Prasarana, Sarana, dan Utilitas).

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, mengatakan bahwa berdasarkan target yang telah ditetapkan, total pembangunan rumah sudah mencapai 20%. Ia juga menjelaskan bahwa prioritas utama dari Program Satu Juta Rumah adalah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), dengan harapan mereka dapat hidup di rumah yang layak huni.

Strategi yang kedua adalah masyarakat dan pengembang yang berkontribusi dalam pembangunan rumah subsidi mendapatkan bantuan atau subsidi pembiayaan perumahan melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang dilakukan dengan skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) dan subsidi SSB (Selisih Suku Bunga). Melalui strategi ini pemerintah berharap semakin meningkatnya daya beli masyarakat terhadap perumahan. Subsidi pembiayaan ini berkonstribusi sekitar 30%.

Strategi yang ketiga adalah intervensi pemerintah terhadap pengembang dalam hal kemudahan perizinan pembangunan perumahan di daerah, dengan harapan Program Satu Juta Rumah ini mendapat dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan di bidang perumahan, baik kementerian/lembaga pemerintah, pemerintah daerah, pengembang, perbankan, sektor swasta, maupun masyarakat.

Untuk semakin melancarkan Program Satu Juta Rumah ini, pemerintah melakukan penyederhanaan proses perizinan menjadi 11 perizinan saja, yang semula terdapat 33 perizinan. Selain itu pemerintah juga mempersingkat waktu pengurusan izin menjadi 44 hari, yang semual 769 hingga 981 hari. Koordinasi dan sosialisasi antara pemerintah dan pemda pun terus dilakukan demi mensukseskan Program Satu Juta Rumah ini.

Syarif Burhanuddin menambahkan bahwa Program Satu Juta Rumah merupakan wujud nyata dari komitmen bersama dan perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam menyelesaikan masalah perumahan. Program ini tidak akan berjalan jika hanya pemerintah saja yang bergerak, maka diperlukan gerakan yang dilaksanakan bersama-sama oleh pemerintah dan pemangku kepentingan di bidang perumahan.

Tinggalkan Balasan