Hasil Pencarian Anda

3 Keberuntungan Manusia Menurut Budaya Cina

Posted by aanorzam on Oktober 21, 2017
| 0

www.rumah2in1.com – Dalam budaya Cina mengenal adanya “Tiga Keberuntungan”, yang mempunyai pengaruh sangat menentukan dan dipercayai memegang peran sangat vital dalam setiap penentuan nasib si manusia.

Tiga Keberuntungan tersebut adalah:
1. KEBERUNTUNGAN LANGIT (Tian Cai).
Menggaris bawahi suratan takdir Tuhan atas manusia, dalam kehidupan yang ia jalani didunia. Seseorang dilahirkan kaya atau miskin, berwatak nista atau terhormat, pandai atau bodoh, kesemuanya itu tidak bisa ditolak atau dihindari. Keberuntungan Langit yaitu daya alam semesta (Daya Langit/Universal) yang disalurkan kedalam badan kita saat kita dilahirkan. Dilahirkan di saat, kondisi serta keadaan yang pas, serta meletakkan diri kita ada di saat yang pas, adalah aspek perlu. Semuanya yaitu aspek pemilihan saat/timing.  Keberuntungan Langit yaitu nasib yang sudah ditetapkan untuk tiap-tiap manusia mulai sejak dilahirkan, tidak bisa diambil atau dirubah. Seperti bagaimana serta di mana kita dilahirkan, siapa orangtua kita, dalam keadaan keluarga bagaimana ; bagaimana keadaan fisik kita, kepintaran/bakat kita, serta bagaimana perjalanan peruntungan kita.

2. KEBERUNTUNGAN MANUSIA (Ren Cai).
Merupakan langkah dan tindakan serta pilihan manusia pribadi, dengan hak untuk menentukan nasibnya sendiri. Apabila seseorang mengharapkan sukses dalam usaha dan kariernya, sudah sepantasnyalah dia mempelajari ilmu perdagangan dengan baik disamping rela bekerja keras. Karena pandai saja tidak akan cukup membawa kejenjang sukses bila tidak mau berusaha. Semuanya itu mengacu pada tindakan dan sifat seseorang dalam menentukan nasib pribadinya. Keberuntungan manusia dibuat oleh perbuatan, aksi serta sikap kita pada kehidupan, termasuk juga ketentuan yang di ambil dalam perjalanan kehidupan Anda. Ini yaitu aspek tingkah laku tindakan manusia. Lakukan hal yang baik, benar serta pas juga yaitu aspek perlu yang lain. Keberuntungan Manusia yaitu usaha kita jadi manusia melakukan kehidupan ini. Keberuntungan ini seutuhnya bergantung pada diri kita sendiri. Contoh keberuntungan manusia yaitu usaha, usaha keras, pendidikan, ketrampilan, network pergaulan, pengalaman, sikap diri (attitude) yang baik, rajin, semangat, tidak gampang putus atas, yakin, penyabar, dan amal beribadah. Karena semua bergantung pada diri kita sendiri, makin kita lakukan yang paling baik, jadi keberuntungan hidup yang baik makin gampang kita capai juga.

3. KEBERUNTUNGAN BUMI (Di Cai).
Bumi diberkahkan kepada segenap manusia dan makhluk hidup, agar karunian-Nya bisa dinikmati. Semuanya mempunyai sifat dan faedah yang baerlainan untuk kehidupan, dan kekuatan Bumi sangat berperan menentukan. Keberuntungan Bumi yaitu dampak daya di sekitar lingkungan diri kita dengan fisik, lingkungan dimana tempat kita tinggal, belajar, serta bekerja, tempat dimana kita menggunakan saat kita paling banyak. Umpamanya, lingkungan kerja yang kondusif, juga akan buat kita bekerja tambah baik, mempunyai fikiran yang jernih, hingga pas dalam pengambilan ketentuan serta lebih semangat dalam bekerja. Kita mungkin beli tempat tinggal/kantor yang bagus serta nyaman, dan lingkungan yang asri, namun itu tidak dapat memberi jaminan tempat itu membawa atau tingkatkan keberuntungan kita. Dengan hal tersebut untuk penyusunan satu aliran daya yang baik dengan maksimal di lingkungan sekitar tempat kita, ianjurkan dikerjakan dengan memakai Feng Shui.  Ilmu Feng Shui mewakili “Keberuntungan Bumi”, yaitu salah satu dari TIGA KEBERUNTUNGAN.

Dalam kehidupan orang-orang Cina, yang pelajari pengetahuan metafisika Cina, meyakini ke-3 aspek tersebut diatas yang memengaruhi keberuntungan seorang dalam kehidupan kita jadi manusia (Keberuntungan Trinitas Kosmik), yakni :
1. Keberuntungan Langit (Heaven Luck) – 33. 33%
2. Keberuntungan Manusia (Man Luck) – 33. 33%
3. Keberuntungan Bumi (Earth Luck) – 33. 33%
Ke-3 Keburuntungan Kosmik ini, bila dipadukan juga akan memastikan 100% keberuntungan kehidupan seseorang manusia. Jadi dapat disimpulkan, bila dalam kehidupan ini seseorang mempunyai Keberuntungan Langit, Manusia dan Bumi dengan baik, dan mampu bertindak dalam keharmonisan hidup, maka manusia tersebut kita sebut manusia sempurna yang bisa menselaraskan karunia Tuhan. 

Penulis Aa Norzam adalah Content Writer tetap di www.rumah2in1.com, bisa dihubungi via email: norzam.rumah2in1@gmail.com

Sumber:

  1. Seni Mencapai Hidup Hamonis & Bahagia Dalam Keberuntungan Bumi. Logika Feng Shui, Karangan; Mas Dian, Penerbit Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta, cetakan 2 Mei 1996.
  2. https://www.fengshui.co.id/resources/articles/28-keberuntungan-langit-manusia-bumi

Tinggalkan Balasan