Hasil Pencarian Anda

Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-261

Posted by aanorzam on Oktober 7, 2017
| 0

Rumah2in1.com – Banyak sebutan untuk kota Yogyakarta, Jogjakarta, Jogja, Yogya, Ngayogyakarta, Ngayogyakara Hadiningrat, Yogyaku, Ngayogyakarto, Djogja, Djogjakarta apapun orang menyebutnya atau mengucapkanknya Jogja memang istimewa. Kota Jogja atau Yogyakarta Hari Sabtu tanggal 7 Oktober 2017 merayakan ulang tahunnya yang ke-261 . Hampir semua warga masyarakat ikut merayakannya. Sesungguhnya tak ada yang tahu pastinya kapan tanggal berapakah berdirinya Yogyakarta. Sesudah dikerjakan study histori oleh sebagian pakar, di ambil kesepakatan tanggal 07 Oktober jadi hari ulang th. Yogyakarta. Walikota Yogyakarta ketika itu, Herry Zudianto berupaya menggali kembali sejarah berdirinya kota ini.

“Sebenarnya tak ada yang tahu persis tanggal berdirinya Kota Yogyakarta ini, namun berdasar pada serta masukan-masukan pada pakar pada akhirnya diputuskan dan disetujui bersama-sama kalau tanggal 7 Oktober yaitu HUT Kota ini, ” tandas Herry dalam satu wawancara yangdilansir dari Republika.

Seperti apa sejarah berdirinya Yogyakarta dari semula? Yogyakarta dibangun pertama kalinya oleh Pangeran Mangkubumi. Beliau adalah adik dari Sunan Paku Buwana II. Sesudah lewat perjuangan yang panjang, pada hari Kamis Kliwon tanggal 29 Rabiulakhir 1680 atau bertepatan dengan 13 Februari 1755, Pangeran Mangkubumi yang sudah bergelar Susuhunan Kabanaran di tandatangani Kesepakatan Giyanti atau dimaksud dengan Palihan Nagari.

Palihan Nagari berikut sebagai titik awal kehadiran Kasultanan Yogyakarta. Ketika tersebut Susuhunan Kabanaran lalu bergelar Sri Sultan Hamengku Buwana Senopati Ing Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Kalifatullah Ingkang Jumeneng Kaping I. Sesudah Kesepakatan Giyanti ini, Sri Sultan Hamengku Buwana mesanggrah di Ambarketawang sembari menanti pembangunan fisik kraton.

Satu bulan sesudah di tandatanganinya Kesepakatan Giyanti persisnya hari Kamis Pon tanggal 29 Jumadilawal 1680 atau 13 Maret 1755, Sultan Hamengku Buwana I memproklamirkan berdirinya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dengan ibukota Ngayogyakarta serta mempunyai separuh dari lokasi Kerajaan Mataram. Proklamasi ini berlangsung di Pesanggrahan Ambarketawang serta di kenal dengan momen Hadeging Nagari Dalam Kasultanan Mataram – Ngayogyakarta.

Pada hari Kamis Pon tanggal 3 sura 1681 atau bertepatan dengan tanggal 9 Oktober 1755, Sri Sultan Hamengku Buwana I memerintahkan untuk membuat Kraton Ngayogyakarta di Desa Pacethokan dalam Rimba Beringan yang awal mulanya bernama Garjitawati.

Pada hari Kamis pahing tanggal 13 Sura 1682 bertepatan dengan 7 Oktober 1756, Sri Sultan Hamengku Buwana I bersama keluarganya geser atau boyongan dari Pesanggrahan Ambarketawan masuk kedalam Kraton Ngayogyakarta. Momen perpindahan ini diikuti dengan candra sengkala memet Dwi Naga Rasa Tunggal dua ekor naga yang ke-2 ekornya sama-sama melilit serta diukirkan diatas banon/renteng kelir baturana Kagungan Dalam Regol Kemagangan serta Regol Gadhung Mlathi.

Momentum kepindahan berikut yang digunakan jadi basic pemilihan Hari Jadi Kota Yogyakarta karna mulai itu beragam jenis fasilitas serta bangunan pendukung untuk mewadahi kesibukan pemerintahan baik sosial, politik, ekonomi, budaya ataupun rumah mulai dibuat dengan bertahap. itu semuanya jadi Hari Jadi Kota Yogyakarta ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 2009 serta dikuatkan dengan Ketentuan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 6 Th. 2004.
Selamat Ulang Tahun ke 261 Kota Yogyakarta terkasih. Mudah-mudahan Jogja Tetap Berhati Nyaman.

Dan dalam rangka memeriahkan Ulang Tahun Ke-261 Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta telah menagendakan dan membuat rangkaian Kegiatan HUT Kota Yogyakarta ke-261 mulai dari tanggal 7 September 2017 sampai dengan 11 Oktober 2017. Daftar eventnya dapat anda lihat di artikel berikutnya klik : Agenda & Rangkaian Kegiatan HUT Kota Yogyakarta ke-261 tanggal 7 Oktober 2017.

 

Penulis AA Norzam adalah Content Writer di Rumah2in1.com;  Bila anda ingin menghubunginya dapat dihubungi via email: norza.rumah2in1@gmail.com

Sumber artikel dan foto:
http :// www. jogja. co/sejarah-hari-ulang-tahun-jogja-hut260jogja/

www.jogjakota.go.id

www.visitingjogja.com/

Tinggalkan Balasan