Hasil Pencarian Anda

INVESTASI DI SEKTOR APARTEMEN, MASIH JADI PRIMADONA DI TAHUN 2017

Posted by aanorzam on Oktober 1, 2017
| 0

Rumah2in1.com – Tingginya angka backlog perumahan yang terjadi hingga memasuki tahun 2017, dimana saat ini angkanya menunjukan 13,8 juta unit. Memang pada akhirnya menjadi satu peluang  tersendiri, khususnya pada sektor hunian. Jika hunian tapak memiliki peminatnya sendiri, justru di kota-kota besar dan kota menengah hingga memasuki semester II 2017, sektor apartemen masih menjadi salah satu primadona investasi.

JIka melihat potensi bisnis properti yang saat ini sedang mengalami kenaikan, pasti kita semua merasa bahwa semua sektor dari properti adalah potensian sebagai salah satu alternative investasi masa depan. Namun kenapa pada akhirnya justru sektor apartemen yang saat ini menjadi primadona investasi properti.

Beberapa penjelasan berikut aagaknya bisa menjadi alasan kenapa pada akhirnya sektor apartemen menjadi begitu menarik. Tidak saja bagi pengembang dan investor yang tertarik untuk mengembangkan bisnisnya tapi juga konsumen yang ingin mendapatkan keuntungan dari sektor hunian ini.

Ada 3 hal yang membuat investasi di sektor apartemen menjadi begitu menarik. Pertama sudah pasti karena demant atau permintaan yang tinggi terhadap kebutuhan akan hunian seperti apartemen, khususnya di kota-kota  besar dan menengah. Kedua jangka waktu sewa dari apartemen juga menarik. Biasanya jangka waktu sewa untuk unit apartemen berkisar diangka 2-3 tahun. Yang ketiga sudah pasti dampak dari kedua hal diatas adalah bahwa karena tingkat hunian apartemen cukup tinggi maka resiko terjadinya kekosongan sewa menjadi semakin kecil. Artinya apa, capital gain yang akan di dapat menjadi lancar. Pada akhirnya dengan melihat ketiga hal diatas, pastinya ujung dari semua itu adalah keuntungan yang akan kita peroleh sudah pasti akan kita dapatkan.

Itu baru dari analisa investasinya, sementara menurut beberapa analis properti nilai yield apartemen menempati posisi tertinggi dari semua sektor properti. Dengan tingkat prosentase yang berada pada kisaran angka 7-12% per tahun. Bagusnya adalah, bahwa rentang prosentase  ini berlaku untuk semua jenis apartemen baik dari skala premium ataupun tidak.

Nah dengan semua hal yang telah dijelaskan diatas. Pada akhirnya kita akan bertanya, lantas bagaimana kita bisa memilih apartemen yang benar dalam artian apartemen yang  bisa sebagai hunian tapi bisa juga sebagai alternative investasi.

Memang kembali masalah properti sudah pasti kita akan bicara soal lokasi, lokasi dan  lokasi. Begitupula ketika kita bicara soal apartemen. Setidaknya untuk kita bisa menentukan apartemen mana yang layak untuk kita pilih baik sebagai hunian ataupun investasi. Pertama sudah pasti jika kita memiliki dana, sebaiknya adalah pilih apartemen yang berlokasi di areal CBD ( Central Business District). Karena permintaan unit apartemen di lokasi tersebut selalu tinggi. Kedua carilah apartemen yang lokasinya dekat dengan ekspatriat, lingkungan kampus atau lingkungan kantor ( dunia kerja).

Dengan masa sewa biasanya sekitar 2-3 tahun, maka unit apartemen yang kita miliki di daerah-daerah tersebut sudah pasti ketika kita sewakan akan selalu terisi penuh. Dan point ketiga sudah pasti karena apartemen memiliki intrumen investasi yang cukup baik dibanding sektor properti lain. Sehingga ketika kita benar dalam menentukan dua hal diatas, maka  kita akan merasa aman, nyaman dan menguntungkan memiliki hunian seperti apartemen.

Saat ini dan kedepan, sudah pasti makin berkurangnya ketersediaan  lahan yang memadai dalam pengembangan hunian tapak. Dari situ kita bisa melihag bagaimana sebenarnya apartemen ini menjadi satu solusi terbaik tdak saja bagi pengembang, tapi juga bagi konsumen karena ketika hunian yang mendekati aktivitas sulit untuk di dapatkan karena jangkauan harga yang cukup tinggi pada rumah tapak, maka solusi terbaik yang bisa di tempuh adalah memilih hunian seperti apartemen.

Penulis Achnad S adalah Content Writer di Rumah2in1.com. bisa dihubungi via email: achmad.rumah2in1@gmail.com

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan