Hasil Pencarian Anda

Perbedaan online Marketplace dan E-Commerce

Posted by aanorzam on Agustus 31, 2017
| 0

Rumah2in1.com. Ecommerce atau banyak orang lebih mengenal dengan nama jual beli online semakin digencarkan oleh para pelaku bisnis. Banyak platform ecommerce dan online marketplace bermunculan hingga sekarang semakin mewarnai perekonomian Indonesia di sektor perdagangan. Definisi dari ecommerce adalah proses jual beli dari seller (merchant) kepada customer menggunakan media internet. Definisi tersebut dijabarkan secara lugas dan jelas. Pada proses jual beli online tersebut terdapat komponen komponen yang perlu dipatuhi sehingga terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak untuk bertransaksi. Masing masing aktor memiliki kewajiban dan hak selama proses transaksi berlangsung. Seller harus mengirimkan produk yang dijual kepada buyer ketika buyer sudah membayar sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan dan dikonfirmasi oleh seller. Untuk metode pembayaran biasanya owner ecommerce memiliki beberapa metode pembayaran yang memudahkan buyer maupun seller. Owner ecommerce bekerja sama dengan pihak bank untuk memberi kemudahan pembayaran seperti mandiri clickplay, mandiri e-cash bca klikpay dan meningkatkan trust dari buyer. Cenderung dikatakan ecommerce jika hanya terdapat merchant tunggal dalam platform ecommerce.

Berbeda halnya dengan online marketplace, dimana sebagai wadah bertemunya berbagai buyer maupun seller untuk meraup rezeki. Online marketplace memberikan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh buyer dan seller untuk melakukan aktivitas transaksi jual beli secara aman. Tantangan bagi yang membuat platform ini adalah bagaimana buyer dan seller memiliki rasa kepercayaan tinggi untuk bertransaksi pada platform tersebut sehingga para pelaku bisnis di dalamnya tidak perlu khawatir akan barang tidak sampai, uang belum dikirim ataupun uang belum diterima oleh seller. Sama halnya dengan ecommerce, owner dari platform ini menggandeng vendor jasa pengiriman, pihak bank, dan vendor jasa internet. Setelah memberikan kenyamanan pada pelaku bisnis di dalam platform tersebut, owner sudah bisa fokus untuk monetize platform itu sendiri. Marketplace di bidang bisnis properti seperti: rumah123, rumahdijual, rumah.com, urbanindo, dan masih banyak lagi, yang intinya tempat pasang iklan properti baik berbayar maupun gratis.

Dari kedua ulasan tersebut dapat disimpulkan bahwa online marketplace merupakan scope kecil dari ecommerce dengan model bisnis yang berbeda. Wadah jual beli ini menyediakan tempat bertemunya buyer dan seller yang sedang mencari maupun meraup rezeki dari platform tersebut, sedangkan ecommerce ini sendiri scopenya luas tidak hanya menyediakan tempat transaksi jual beli melainkan maintain pengiriman produk dengan menggandeng vendor jasa pengiriman barang, maintain pembayaran yang bekerja sama dengan bank. Online marketplace fokus pada pelayanan platform yang dibangun, sedangkan ecommerce tidak hanya meningkatkan pelayanan platform melainkan juga meningkatkan sales produk tersebut. (sumber:dagdig.com).

Penjelasan diatas adalah definisi Ecommerce dan Marketplace secara umum. Jadi dapat disimpulkan bahwa www.rumah2in1.com adalah Ecommerce khusus properti yang didalamnya juga ada marketplace property untuk pasang iklan dan mengembangakan jaringan propertinya di website www.rumah2in1.com .
Disini member sebagai bisnis owner dari jaringan marketing propertinya sendiri, dia bisa sebagai penjual, pembeli, agen properti dan investor sekaligus.
Setiap orang yang menjadi member di rumah2in1.com mempunyai kesempatan yang sama untuk menghasilkan kekayaan dari bisnis properti, tidak tergantung dari latar belakang dan keahlian. Siapa yang bekerja keras membangun jaringan bisnis propertinya dialah yang akan memdapatkan kekayaan yang tak terbatas dari bisnis properti di rumah2in1.com

Selamat memasuki konsep pemasaran properti yang revolusioner dan visioner, konsep bisnis properti abad 21 yaitu bisnis ecommerce properti www.rumah2in1.com
Selamat anda telah menemukan kendaraan baru untuk meraih mimpi-mimpi Anda.

Penulis: AA Norzam, adalah Content Writer dari rumah2in1.com bila ingin kantak diemail norzam.rumah2in1@gmail.com
Sumber gambar: https://kayu-seru.com

Tinggalkan Balasan