Hasil Pencarian Anda

Melek Finansial: Aset VS Liabiliti atau Kewajiban

Posted by aanorzam on Agustus 27, 2017
| 0

Rumah2in1.com. Supaya Anda melek finansial saya sarankan baca buku Cashflow Quadrant karya dari Robert T.Kiyosaki supaya bisa membedakan mana itu aset dan mana itu kewajiban atau hutang. Definis aset sangat berbeda dengan definisi aset menurut ilmu akuntansi yang saya pelajari (kebetulan saya lulus S1-Sarjana Ekonomi Akuntansi). Menurut Om Robert T.Kiyosaki; Aset adalah semua hal yang menghasilkan pemasukan, sedangkan kewajiban adalah semua hal yang menyebakan pengeluaran.

Rumah/gedung atau bangunan fisik menurut ilmu akuntansi adalah temasuk aset, sedangkan menurut Om Robert T.Kiyosaki belum tentu masuk dalam katagori aset. Kebanyakan orang beranggapan dengan membeli sebuah rumah, mereka menganggap rumah itu adalah aset, padahal rumah itu belum betul-betul menjadi aset bila masih mengakibatkan terjadinya pengeluaran-pengeluaran secara terus menerus.
Contoh:
Misal Anda membeli sebuah rumah seharga Rp.1.000.000.000,- (satu milyard rupiah) didaerah yang dekat
kampus secara KPR dengan cicilan per bulan Rp.7.000.000. Kemudian direnovasi menjadi banyak kamar-kamar dibuat rumah kost dan hasil dari uang kost sebanyak Rp.10.000.000 (sepuluh juta) per bulan, maka rumah kost ini termasuk “aset” karena menghasilkan pemasukan bersih setelah dikurangi cicilan KPR sebanyak Rp.3.000.000 (tiga juta rupiah) per bulan atau dapat dikatakan rumah ini menghasilkan Cashfollow Positif. Akan tetapi bila hasil dari pemasukan uang kost hanya Rp.5.000.000 (lima juta rupiah) per bulan sehingga untuk bayar cicilan bank masih kurang Rp.2.000.000,- (dua juta rupiah); maka rumah ini masuk dalam katagori “kewajiwan/Liabilities” atau hutang, karena menghasilkan Cashflow Negatif.
Contoh lain:
Mobil yang anda beli secara kredit untuk dibuat usaha rental atau Go Car atau taxi online adalah aset, tapi mobil yang anda beli hanya untuk dipakai sendiri atau hanya untuk gensi-gensian adalah kewajiban karena masih ada beban angusan kredit mobil per bulannya yang harus anda bayar.

Oke, Sekarang Anda … cek properti yang Anda milik sebenarnya Aset atau liabiliti/Kewajiban/hutang? Sekarang Anda sudah melek finansial, kalau kemarin buta finansial.

Penulis: Aa Norzam adalah Content writer di Rumah2in1.com, bilah ingin berhubungan langsung silahkan email: norzam.rumah2in1@gmail.com

Tinggalkan Balasan