Hasil Pencarian Anda

7 Tips Membeli Rumah Pertama Buat Keluarga Muda

Membeli rumah itu susah-susah gampang Apalagi Anda sebagai keluarga muda yang baru pertama kali akan membeli rumah. Banyak kreteria dan pilihan alternatif rumah yang akan dibeli, setelah cocok ada lagi cara pembayaran yang akan Anda pilih cash, cash tempo, kredit atau KPR Bank sangat mempengaruhi proses yang akan Anda lewati. Sema sulitnya waktu Anda menentukan pilihan pacar untuk jadi dilanjutkan kejenjang pernikahan menjadi pasangan hidup Anda.
Anda berdua sebagai pasangan keluarga baru yang sedang berencana untuk membeli rumah pertama Anda sebagai istana kecil rumah idaman anda. Berikut adalah beberapa step/langkah dan tips yang dapat anda jadikan ajuan dalam rangka membeli rumah baru dan rumah pertama Anda.
1. Penentuan Memilih Lokasi.
Lokasi merupakan salah satu faktor paling penting ketika Anda berencana membeli rumah. Tidak hanya berlaku untuk keluarga muda yang mau membeli rumah pertama, semua orang akan melihat lokasi sebagai hal yang utama dalam membeli rumah. Karena anda membeli rumah mempunyai keingingan untuk tinggal selamanya atau setidaknya dalam jangka waktu lama sampai kelak bisa beli rumah lagi karena itu anda dan pasangan anda khususnya para istri karena istrilah yang lebih lama berada didalam rumah harus merasa cocok dan sreg dengan rumah serta lingkungan sekitarnya. Disamping lokasi berkaitan dengan akses transportasi, ketersediaan fasilitas umum, akses jalan yang mudah dan dekat kemana-mana, aman dan nyaman serta tidak termasuk daerah yang rawan dari bahaya banjir, tanah longsor atau gempa dan sebagainya. Tapi biasanya sebagi keluarga muda karena keuangan belum cukup terpaksa lokasi menjadi pilihan kedua, karena harga rumah ditengah kota khususnya dikota-kota besar seperti Jakarta tidak terjangkau buat ekonomi keluarga muda terpaksa memilih lokasi yang agak pinggiran kota, dengan harapan kelak bila ekonomi atau keuangan keluarga sudah mapan bias beli rumah yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja.
2. Harga Rumah. Anda sebagai keluarga muda perlu merencanakan terlebih dahulu, berapa harga rumah yang mau Anda beli? Bentuk dan type rumah serta lokasi dalam satu komplek perumahan saja bisa berbeda harganya. Sehingga Anda lebih fokus di perumahan yang menawarkan harga sesuai dengan kondisi keuangan Anda, jangan berambisi untuk membeli rumah yang berukuran besar mungkin awal beli yang ukuran kecil toh anak anda juga masih kecil-kecil belum terlalu membutuhkan banyak ruangan atau kamar. Yang penting jangan besar pasak daripada tiang, karena masih banyak biaya hidup lain yang harus anda anggarkan seperti biaya transport, biaya kesehatan, baiay sekolah anak dan lain-lain.
3. Ketahui Track Record Developer atau Pemilik Rumah. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang baru, ada baiknya lihat dulu siapa developer atau pengembangnya untuk rumah baru atau rumah primary. Bagaimana track record developer selama ini. Apakah sering terlambat untuk serah terima rumahnya? Bagaimana kualitas bangunan di project-project perumahan sebelumnya. Untuk mengetahuinya Anda bisa mencari testimoni tentang perumahan atau developer itu di internet. Mungkin anda membeli rumah pertama tidak berupa rumah bangunan baru dari developer, barangkali yang anda beli adalah rumah secondary (bukan rumah baru) pelajari dan cek dulu keabsahan dan kelengkapan dokumen rumah atau yang biasanya disebut Sertifikat rumah, apakah rumah dengan sertifikat HM (Hak Milk) atau HGB (Hak Guna Bangungan) dan apakah status rumahnya masih kredit atau barangkali ada sengketa atau tidak dicek terlebih dahulu sebelum deal melakukan pembayarannya.
4. Sarana dan Prasarana serta Kelengkapan Fasilitas. Biasanya untuk rumah baru yang ditawarkan oleh developer atau pengembang dalam promosinya memberikan banyak sarana prasarana dan fasilitas yang melengkapi komplek perumahan yang ditawarkan. Fasilitas setidaknya bisa kita lihat baik fasilitas intern dan ekstern. Intern biasanya meliputi fasilitas ibadah, tempat olahraga, taman bermain serta fasilitas listrik, jaringan telpon internet dan air serta saluran airnya. Dan yang tidak kalah pentingnya juga yaitu fasilitas ekstern seperti kedekatan perumahan itu dengan rumah sakit, sekolah, pasar dan tempat rekreasi keluarga, turut menjadi faktor penentu pilihan bagi pembeli.
5. Pilihan Cara Pembayaran.  Ada beberapa cara pembayaran rumah yang biasanya ditawarkan oleh pengembang atau developer yaitu:
a. Tunai keras, Bagi Anda yang memiliki kemampuan keuangan yang cukup, cara bayar tunai keras tentu menjadi pilihan. Developer akan memberikan diskon yang besar pagi pembeli dengan
b. Tunai bertahap, bila ada dananya yang bisa dipastikan ada dalam beberapa bulan kedepan, misalnya hasil dari jual mobil atau property lain, bisa pilih tunai bertahap supaya tidak terlalu banyak beban bunga disbanding harus KPR.
c. Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR. cara ini bagi yang kemampuan keuangannya pas-pas an, cara bayar KPR jadi pilihan terakhir..
6. Biaya Tambahan. Dalam membeli rumah, Anda harus alokasikan biaya tambahan diluar harga beli rumah. Biasanya biaya-biaya yang timbul dari pembelian rumah ini antara lain: Ppn, biaya KPR, biaya peningkatan BPHTB, biaya asuransi dan provisi bank bila KPR. Kisarannya beragam, dan untuk berjaga-jaga biasanya besaran biaya tambahan ini berkisar 15 persen sampai dengan 20 persen dari harga rumah.
7. Pastikan Kapan Serah Terima kunci atau Unit. Mintalah kepastian pada developer, kapan Anda sekeluarga bisa menempati unit rumah yang Anda beli. Supaya tidak terjadi keterlambatan mintalah perjanjian tertulisnya supaya jika terjadi keterlambatan, konsekwensi apa yang akan diterima oleh developer. Kalau anda belinya rumah second kapan pastikan bisa segera menempati kepada pemilik lama, karena perlu untuk membersihkan dan sedikit renovasi atau mengecat rumah sebelum anda tempati.
Demikianlah beberapa tahapan utamna dan penting yang harus Anda perhatikan dalam membeli ruamah pertama anda baik rumah primary maupun secondary dan selamat memilih rumah Idaman Anda!

Artikel lain yang perlu Anda baca:

  1. Kenapa Harus Memasarkan Properti Via Internet di www.rumah2in1.com?
  2. Cara Mudah Pasang Iklan di www.rumah2in1.com

Tinggalkan Balasan